Swift

8 Jenis Gangguan yang Menyebabkan Listrik PLN Mati

Duniapembangkitlistrik.blogspot.com - Pastinya urusan listrik ini terkadang terjadi diluar kontrol manusia. Agar kamu lebih mengerti mengenal mengapa listrik bisa padam, Ternyata alasannya bukan hanya kekurangan voltase atau kelebihan voltase saja tetapi cukup beragam secara teknis. Penasaran alasan apa saja yang menyebabkan listrik mati? Yuk kita cek gangguan apa saja yang menyebabkan listrik PLN mati.
8 Jenis Gangguan yang Menyebabkan Listrik PLN Mati
Terdapat banyak jenis gangguan listrik yang sering terjadi. Ada baiknya kita mengetahui jenis-jenis gangguan listrik yang menjadi penyebab pemadaman listrik agar lebih mengenal masalah yang terjadi dengan listrik yang ada di tempat tinggal kita.
Power failure
Power failure merupakan gangguan listrik yang sering terjadi, yaitu kondisi sumber listrik pusat (utama) yang mati. Kalau ada perlengakapan elektronik di rumah kamu yang sedang nyala atau beroperasi saat terjadi listrik pln mati, gangguan ini dapat berdampak pada kerusakaan alat-alat elektronik. Beberapa sebab power failure adalah pemadaman bergilir, beban berlebih dan hubungan arus pendek.
Power Surge
Power Surge merupakan sebuah kondisi saat tiba-tiba voltase naik melebihi angka 100% dalam waktu singkat. Hal ini disebabkan oleh petir yang menyambar serta kita mematikan perlengkapan listrik yang bebanya cukup berat. Terjadinya power surge juga berdampak pada kerusakan peralatan listrik.
Power SAG
Power SAG terjadi ketika voltase menurun tiba-tiba. Contohnya yang awalnya 220 volt, bisa menurun hingga 80 persen. Hal ini juga berdampak buruk pada peralatan listrik. Gangguan ini disebabkan oleh pengoperasian alat elektronik yang mempunyai daya agak besar atau diatas daya listrik rumah kita.
Over Voltage
Over Voltage merupakan kondisi tegangan listrik yang melewati batas normal dalam kurun waktu yang lama dan sering terjadi atau bisa jadi setiap hari. Over Voltage bisa membuat alat elektronik menjad panas dan komputer bisa rusak hingga menghilangkan data yang ada.
Under Voltage
Berbeda dengan overvoltage, under voltage merupakan kondisi kurangnya tegangan listrik yang terjadi bisa hanya beberapa menit hingga berhari-hari. Sama halnya dengan gangguan listrik lainnya, kondisi ini bisa membuat alat elektronik rusak.
Frequency Variation
Keadaan frekuensi listrik yang naik turun atau tidak stabil dan berdampak pada kerusakan alat elektronik.
Electrical Line Noise
Gangguan gelombang listrik yang disebabkan oleh frekuensi radio, sambaran petir atau instalasi listrik kurang baik.
Switching Transient
Turunnya voltase dalam kurun waktu sangat cepat bahkan lebih cepat dibandingkan undervoltase.

You Might Also Like

0 komentar

Follow by Email