Jumat, 30 September 2016

Apa Itu Transformator Dalam Pembangkit Listrik ?

Apa Itu Transformator Dalam Pembangkit Listrik ?


BLOG'S DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Transformator merupakan alat listrik yang berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan tegangan.

Adapun bagian-bagian trafo antara lain :

·         Inti besi, sirkuit magnetic dibuat dari besi silicon (grain oriented Silicon Steel) dan membentuk rangkaian magnetis tertutup

·         Belitan, dibuat dari tembaga berisolasi dan berkonduktivitas tinggi dan terendam minyak. Antara belitan dan tangki bawah dibatasi dengan sekat sebagai tumpuan belitan sekaligus sebagai isolator. Bentuk belitan adalah konsentris.

·         Sendapan, dilakukan sedemikian rupa sehingga kokoh dan dapat dioperasikan melalui pengatur-pengatur posisi. Sendapan dipasang dibagian luar tangki trafo dan dapat dioperasikan dalam keadaan bertegangan tanpa beban. Sendapan dipasang terendam minyak trafo.

·         Bushing, terdiri dari 2 macam yaitu bushing tegangan primer yang dibuat dari porselen dengan jarak rambat minimum 4,3 cm, sedangkan bushing yang lain yaitu bushing tegangan sekunder yang dibuat dari porselin, dimana dilengkapi dengan terminal untuk menghubungkan pada bagian sekunder.

·         Minyak Trafo, minyak trafo yang digunakan merupakan minyak alami yang memenuhi standart SPLN 49-1:1982, fungsi minyak tersebut adalah sebagai pendingin trafo dan isolasi trafo.

·         Sistem pengaman, berfungsi sebagai pemutus tenagan yang dipasang pada sisi sekunder dan primer didalam tangki (terendam minyak). Pengaman tersebut berfungsi sebagai pemutus tegangan jika terjadi tegangan berlebih.

·         Arester. dipasang pada bagian luar tangki yang terhubung dengan terminal bushing sisi sekunder.
Tenaga listrik yang dihasilkan dari keluaran trafo selanjutnya dihubungkan ke rangkaian serandang hubung (switch yard). Selanjutnya dilanjutkan ke gardu induk (GI).



Contoh Spesifikasi Transformator Utama PLTU Barru :
Pabrik pembuat                       : Chongqing AEA Transformator Group
Rated Power                           : 63 MVA
Rated Voltage                        : 10,5 kV/150kV
Rated Current                        : 230,2 A/ 3464 A
Wiring Group                         : Ynd11
Frequency                               : 50 Hz
Cooling                                   : ONAN/ONAF
Impedance Uk                        : 12 %