latest Post

Fuel Oil System Pada PLTU

BLO'S DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - Fuel oil sistem adalah proses penanganan fuel oil dari penerimaan, penyimpanan dan pemakaian fuel oil pada unit yang membutuhkan. secara umum proses fuel oil dapatdigolongkan menjadi tiga bagian diantaranya adalah Proses Undloading, Proses Transfer dan Proses Forwarding.
 
Di site HSD dipindah dari truk tangki menuju ke storage tank menggunakan unloading pump, kemudian dari storage tank HSD dipindah ke Daily Tank menggunakan transfer pump.
 
Beda antara storage dan daily yaitu pada penggunaannya, storage untuk penyimpanan dan daily untuk penggunaan unit. Untuk penggunaan pada unit (auxiliary boiler dan main boiler) HSD ditansfer oleh forwading pump  didalam pipeline oil system.



 Proses Undloading HSD
 
Proses Undloading bekerja pada saat penerimaa HSD, pada proses ini HSD dipompakan dari road tanker/truk tangki menggunakan unloading pump. Terdapat dua buah unloading pump yang masing-masing bekerja 100% sebelum masuk ke pompa unloading, HSD terlebih dahulu melewati check valve untuk menghindari aliran balik dari pompa ke road tanker saat pompa stop, kemudian masuk ke dalam simplex filter untuk penyaringan material padat ataupun endapan yang berada pada cairan, terdapat dua simplex filter pada proses unloading yang masing-masing mempunyai kemampuan penyaringan sekitar 200μm.
 
Setelah melewati filter HSD dipompakan menuju storage tank untuk penyimpanan. Pada sisi pipa keluar pompa terdapat pressure relief valve (PRV) yang berfungsi sebagai proteksi yang berkapasitas 2.8 bar, kemudian melalui check valve untuk mencegah aliran balik dari storage tank menuju pompa, setelah melewati check valve sebelum masuk storage tank HSD melewati flow meter untuk pembacaan kecepatan aliran dan jumlah total HSD yang dipompakan.
 
 

 Proses Transfer HSD
 
Proses transfer HSD adalah proses mengalirkan HSD dari storage tank menuju Daily Tank. Setelah proses unloading maka HSD akan tersimpan pada storage tank.  Pada proses transfer ini fluida sebelum memasuki Transfer Pump lebih dahulu masuk kedalam Duplex Filter untuk menyaring kotoran yang terbawa dari Depo pemasok HSD dengan kemampuan penyaringan mencapai 40μm, setelah bersih dari penyaringan maka fluida aman untuk dipompakan kemudian masuk ke Transfer Pump.
 
Terdapat dua Transfer Pump yang masing-masing bekerja 100%, pada sisi keluar Transfer Pump terdapat Pressure Relief Vale yang berfungsi untuk menjaga pompa dari kondisi over pressure kapasitas 38 kg/cm2.
 
Apabila pressure discharge pompa melebihi maka pressure relief valve akan membuka sehingga pressure berkurang karena fluida sebagian dialirkan melalui pressure relief valve tersebut dan Check valve yang berfungsi mencegah adanya aliran balik dari daily tank menuju pompa. Transfer pump tidak dapat bekerja ketika Level Switch dalam keadaan Low pada Storage Tank, ketika bekerja untuk pengisian Daily Tank, transfer pump akan stop apabila Level Switch pada Daily Tank High High.
 



  Proses Forwarding HSD
 
Terdapat tiga forwarding pump yang masing-masing menanggung beban 50%, sehingga untuk mencapai beban 100% memerlukan dua forwarding pump yang beroperasi dan satu lagi standby apabila salah forwarding pump stop maka unit standby akan langsung beroperasi untuk membackup. Pada proses forwarding terdapat sistem proteksi yang terdiri dari proteksi daily tank, proteksi forwarding pump, dan proteksi forwarding motor .
 
 Pada sisi keluar pompa terdapat check valve yang berfungsi untuk menyearahkan aliran fluida sehingga memproteksi pompa dari kemungkinan adanya tekanan balik pada sisi keluar. Setelah melewati check valve terdapat pressure relief valve yang berfungsi untuk mengurangi tekanan berlebih pada sisi keluar pompa sehingga dapat meproteksi pompa dari kondisi operasi pada tekanan berlebih yang dapat menaikkan temperatur pada pompa dan timbulnya gaya radial yang dapat merusak pompa. Setelah melewati check valve saluran pipa bergabung dari tiga line menjadi satu kemudian menuju unit yang dituju.
 

About Agus Prasetiyo

Agus Prasetiyo
Blog adalah hobi saya. Saya berprinsip walaupun blog saya tidak terlalu bagus tapi pada intinya semua konten yang saya posting harapannya bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Sekian dan terima kasih.
Recommended Posts × +
Posting Komentar