Jumat, 23 September 2016

Apa Itu Kondensor Didalam Sistem PLTU ?

DUNIA PEMBANGKIT LISTRIK - System air kondensat merupakan sumber pasokan utama untuk system air pengisi ketel. Rentang system air kondensat adalah mulai dari hotwell sampai ke deaerator.



Komponen-komponen yang terdapat pada system air kondensat antara lain:

  1. Hotwell adalah tangki penampung yang terletak di bagian bawah kondensor dan berfungsi untuk menampung air hasil kondensasi uap bekas di dalam kondensor sebagai pemasok utama system air kondensat.
  1. Pompa kondensat (condensate pump) berfungsi untuk mengalirkan air kondensat dari hotwell melintasi system air kondensat menuju ke deaerator. Sistem kondensat ini mempunyai 2 buah pompa kondensat yaitu satu untuk cadangan (stand by) dan satu lagi beroperasi. Untuk menjamin kontinuitas aliran air ke sisi isap (suction) pompa, maka tekanan pada sisi isap pompa paling tidak harus sama dengan tekanan kondensor. Berkaitan dengan hal tersebut, maka sisi hisap pompa dilengkapi dengan  saluran penyeimbang tekanan (equalizing/balancing pipe).
  1. Gland Steam Condensor adalah penukar panas untuk mengkondensasikan uap bekas dari perapat poros turbin. 
  1. Steam Air Ejector Condenser Steam air ejector condenser ini digunakan untuk mempertahankan vakum kondensor.
  1. LP heater Berfungsi untuk meningkatkan efisiensi siklus dengan cara memanaskan air kondensat yang melintasinya.media pemanas yang digunakan adalah uap yang dicerat/diekstrak dari turbin.
  1. Deaerator  Merupakan komponen paling hilir dari system air kondensat.dearator ini mempunyai 2 fungsi utama yaitu memanaskan air kondensat dan sekaligus menghilangkan gas-gas (non-condensable gas) dari air kondensat. Media pemanas yang digunakan adalah juga uap ekstrasi

agus prasetiyo

Author & Editor

Has laoreet percipitur ad. Vide interesset in mei, no his legimus verterem. Et nostrum imperdiet appellantur usu, mnesarchum referrentur id vim.

0 komentar:

 
biz.